5 Sumber Makanan Balita Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Kesehatan balita pasti menjadi prioritas bagi Anda, mengingat usianya yang masih sangat muda dan belum bisa mengurus diri sendiri. Sistem pertahanan tubuh balita yang masih dalam proses pembentukan sangat rawan diserang oleh penyakit, oleh karena itu Anda harus menjaga benar asupan makanannya agar pembentukan sistem pertahanan tubuh bisa sempurna dan bekerja dengan baik. Salah satu unsur yang tidak boleh dilupakan dan sangat dibutuhkan untuk kesehatan balita adalah kalsium. Kalsium merupakan zat yang berperan penting untuk pembentukan kekuatan tulang dan gigi dan banyak terdapat pada berbagai jenis makanan. Berikut adalah sumber makanan yang mengandung kalsium selain susu untuk balita.

Keju

Keju merupakan makanan favorit anak kecil dan sangat baik untuk kesehatan balita Anda. Keju yang merupakan makanan hasil olahan dari susu adalah cara nikmat bagi balita untuk mendapatkan sumber kalsium. Keju bisa diolah menjadi berbagai makanan enak dan lezat dan pasti si kecil suka.  Jika sedang malas, keju bahkan bisa dimakan langsung sebagai cemilan untuk anak balita Anda. Keju baru aman dikonsumsi untuk anak-anak di usia 1 tahun. Tetapi apabila anak Anda memiliki alergi atau intoleransi terhadap susu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Yogurt

Makanan yang baik untuk kesehatan balita selanjutnya adalah yogurt.  Yogurt tidak hanya kaya mengandung kalsium tetapi juga ia mengandung potassium yang setara dengan buah pisang. Yogurt juga mengandung vitamin A, protein, dan mineral bermanfaat lainnya.  Bila anak tidak suka rasa asam yang ada pada yogurt, Anda bisa menambahkan buah yang dipotong ke dalam yogurt seperti pisang, strawberry, mangga, dan lain sebagianya. Yogurt sangat baik untuk pencernaan balita dan merupakan cara yang efektif untuk mengatasi penyakit pencernaan seperti sembelit pada anak karena yogurt mengandung serat yang tinggi.

Kaldu

Kalsium juga bisa didapatkan dari daging dan tulang ayam atau daging sapi. Kaldu bisa dimanfaatkan sebagai kuah sup dan sangat baik untuk kesehatan balita terutama mencegah ia terkena penyakit flu.  Agar balita tidak terkontaminasi dengan bumbu penyedap dan bahan kimia yang terdapat pada bubuk kaldu instan, sebaiknya Anda membuat sendiri kaldu dari daging atau tulang asli dari ayam atau daging sapi. Hanya dengan merebus daging dan tulang tersebut dengan api kecil dan agak lama, maka kaldu buatan sendiri sudah bisa dimanfaatkan dan pastinya lebih sehat.

Ikan

Ikan memiliki rasa yang gurih dan mengandung nutrisi yang tinggi termasuk protein dan kalsium. Dianjurkan untuk balita mengkonsumsi ikan dua kali dalam seminggu karena ikan mengandung omega 3 untuk perkembangan otaknya dan juga lemak baik yang bisa mengurangi kadar lemak jahat pada tubuhnya sehingga ikan baik sekali untuk kesehatan balita. Ikan terbaik yang mengandung kalsium tinggi adalah ikan salmon dan tuna.

Kacang-kacangan

Balita Anda gemar sekali ngemil? Hati-hati memilihkan makanan untuk snack-nya karena terlalu banyak gula dan garam bisa membuatnya mengalami kelebihan berat badan. Anda bisa memberikan cemilan yang sehat seperti kacang almond atau kacang kedelai untuk makanan kecilnya. Kacang almonds dan kacang kedelai merupakan jenis kacang dengan kandungan kalsium yang cukup tinggi dan baik untuk diet baik diet balita maupun orang dewasa.  Kacang almond dan kacang kedelai akan menjadi cemilan yang lezat bila dipanggang tanpa menggunakan bumbu tamabahan. Mengganti cemilan dengan kacang yang kaya akan kalsium bisa meningkatkan kesehatan balita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *