Arti Pentingnya Pendidikan bagi Anak Usia Dini

kidslearning

Tingkat kesadaran masyarakat terhadap pemberian layanan pendidikan bagi anak sejak usia dini (0-6 tahun) masih sangat rendah.Tingkat kesadaran masyarakat terhadap pemberian layanan pendidikan bagi anak sejak usia dini (0-6 tahun) masih sangat rendah. Hal itu disebabkan antara lain karena kurangnya sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan anak usia dini itu sendiri.
“Meskipun selama ini pemerintah dan masyarakat telah menyelenggarakan berbagai program layanan pendidikan bagi anak usia dini. Namun, kenyataannya hingga saat ini masih banyak anak usia dini yang belum memperoleh layanan pendidikan,” kata Gutama, Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Departemen Pendidikan Nasional, pada sosialisasi pendidikan anak usia dini bagi tokoh agama se-Jabotabek di Jakarta, Selasa (6/1).
Gutama menyebutkan, dari sekitar 26 juta anak usia dini, baru sekitar 28 persen yang tersentuh layanan pendidikan. Sosialisasi pendidikan anak usia dini juga diakui belum menyentuh secara merata pada lapisan masyarakat terbawah di tingkat kecamatan dan kabupaten/kota.
Direktur Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda Fasli Jalal menyebutkan sejumlah masalah mendasar lainnya berkaitan dengan pendidikan usia dini. Menurut Fasli, hingga saat ini belum ada sistem yang bersifat holistik untuk menjamin keterpaduan dalam penanganan anak usia dini.
Masih banyaknya anak usia dini yang tidak tersentuh pendidikan apa pun juga disebabkan masih sangat terbatasnya jumlah tenaga pendidik dan kependidikan untuk mereka. Hal itu diperburuk oleh relatif rendahnya kualitas tenaga yang sudah ada.
Fasli menambahkan bahwa faktor geografis dan kendala transportasi juga menjadi masalah mendasar. Sebab, anak- anak usia dini, yang seharusnya mendapat layanan pendidikan, berada di wilayah yang sangat terpencar. Bahkan, sebagian berada di daerah yang sulit dijangkau karena kendala transportasi.
“Ketersediaan prasarana dan sarana pendidikan bagi anak usia dini juga masih minim, terutama bagi mereka yang berusia di bawah empat tahun,” ungkap Fasli.
Menurut Fasli, jumlah perguruan tinggi yang memiliki jurusan khusus pendidikan anak usia dini pun masih terbatas. Adapun penelitian di bidang pendidikan usia dini juga masih terbatas.
Gutama menjelaskan, pihaknya telah mengembangkan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi berkaitan dengan pendidikan anak usia dini tersebut, di antaranya dengan Universitas Negeri Jakarta, Univeristas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Andalas. (lam)

25 Comments

  1. sarah

    June 20, 2011 at 3:14 am

    selain pendidikan dr kita juga mengajarkan disiplin kpd anak anak kita juga ya

  2. jingga

    June 20, 2011 at 5:54 am

    betul nih..katanya juga, daya serap anak bayi hingga balita itu sangat cepat..jadi mengajarkan dari usia dini memang harus.
    begitu juga pembelajaran mengenai bahaya kelebihan gula seperti yang sedang banyak diberitakan skarang nih. jadi aku selalu memasak makanan sendiri, nahkalo sufor aku memberikan yang ga pake tambahan2 gula deh

  3. yuanita

    June 20, 2011 at 6:31 am

    pendidikan sejak dini memang penting, bukan berarti anak harus dimasukan sekolah usia dini, orang tua bisa mengajari anaknya sendr kok, begitu pula dengan pengenalan rasa pada anak tu penting,tp sebaiknya jaga agar anak tdk konsumsi zat gula tambahan berlebih agar ga obesitas

  4. vgmerry

    June 20, 2011 at 6:34 am

    ada yg namanya golden age, itu masa2 anak otaknya menyerap paling banyak, banyak belajar, makanya nutrisi yg diberikan juga harus baik untuk menunjang pertumbuhannya. Jangan sering memberikan anak makanan ataupun minuman yg mengandung added sugar agar anak tdk obesitas nantinya

  5. rennie

    June 20, 2011 at 6:37 am

    selain pendidikan anak, asupan gizi anak juga harus perhatikan, klo badannya sehat otaknya akan cemerlang, makanya sebisa mungkin jauhkan anak dr zat gula tambahan, agar anak tidak mengalami obesitas yg bisa menyebabkan diabetes, kolestrol, & sakit jantung.

  6. kuring

    June 20, 2011 at 6:52 am

    iya bunda…ajarkan sedini mungkin.gak mesti belajar pelajaran sekolah yang berat2 dulu.
    ajarkan aja dari hal simpel, ajarkan mengenal alam.
    mengenak kata2 dan jenis2 rasa makanan. memberi tahu minuman manis tidak baik untuk kesehata, bisa sakit jadi gak bisa main sama teman..
    pasti ngerti kok.
    makanya sebagai bunda juga mencari cara agar smua makanan, minuman serta susu formulanya yah yang gak manis…sekalian memberi contoh ^^

  7. bimbim

    June 20, 2011 at 8:17 am

    supaya pintar kan harus makan2 an bergizi, asupan gizinya harus dperhatikan juga…kl asupan gizinya bgs kan otaknya juga jd encer…..trus gula juga jgn byk2 dehh hrs d batasi yahh ngeri jd obesitas mlh kena penykit mcm2

  8. ceuwida

    June 20, 2011 at 8:26 am

    pendidikan memang penting tapi menuru saya no satu yah keehatan dan asupan gizi yg baik buat anak, karna dr situ lah bermula semuanya,,, kl anak sakit mana bs maksimal otaknya berkembang… penting bgt anak sehat dulu, dgn memberikan yg terbaik buta anak….

  9. arienta

    June 20, 2011 at 8:41 am

    nutrisi yg bagus paling ga dari susu tp jangan berikan susu yan banyak mengandung kadar gula yg berlebih

  10. irene

    June 20, 2011 at 8:43 am

    iya juga sie kl dlm susu yg sehari hari aja udh banyak dulanya pasti memacu anak kita jd obesitas….kl bisa sie sufor yg no aded sugar ya

  11. lizy

    June 20, 2011 at 9:51 am

    iya.. emang penting banget ngasih pendidikan bagi anak di usia dini..
    supaya anak bisa lebih cepet nangkepnya..
    tapi harus didukung juga dengan nutrisi yang berimbang..
    dan harus dikasih makanan yang baik untuk tubuh anak…
    sebisa mungkin yang terhindar dari zat2 kimia berbahaya..

  12. estevan

    June 20, 2011 at 9:52 am

    Pendidikan sejak dini penting tapi kesehatan yg baik adalah awal dari pendidikan yg baik pula….supaya dapat belajar secara maksimal kan jiwa raganya harus sehat sehingga dpt menyerap semua pelajaran dgn baik

  13. dindayu

    June 20, 2011 at 9:57 am

    sebelum anakku memasuki dunia pendidikan (sekolah) aku modali anakku kesehatan dgn minum susu no added sugar dan pola makan yg baik

  14. Yuyu

    June 20, 2011 at 10:09 am

    makanya kan kalo anak2 itu biasanya ngikutin contohnya. kalo kita kasih contoh pola hidup sehat, ya dia akan terbiasa. kalo kitanya banyak jajan sembarangan otomatis sampe dewasa mereka jg bisa ngikutin gaya kita dong..

  15. Tati

    June 20, 2011 at 10:13 am

    bener bu yuyu.. kalo kita biasain dr kecil makan makanan sehat dia pasti sampe besar akan pilih2 soal makan. makanya jgn biasain jajan apalagi yg manis2. hari gini orang2 pd sibuk ngurusin badan.. jd mending dijaga drpd nantinya anak kita jd the next pendiet ketat!

  16. Marina

    June 20, 2011 at 10:15 am

    makanya aku jg kasih anmum.. ga kuatir deh mudah2an sehat!

  17. goldie

    June 20, 2011 at 3:30 pm

    anak akan dapat menyerap ilmu dengan baik bila gizi yg diperolehnya memenuhi kebutuhannya.. jangan sampai anak terlalu banyak mengkonsumsi added sugar,karena dapat memberi efek buruk seperti obesitas,bahkan sakit jantung..

  18. nuraini

    June 20, 2011 at 3:33 pm

    di usia dini itu otak sedang berkembang dengan pesat..jadi berikan anak gizi yg 4 sehat 5 sempurna.. tapi agar tumbuh kembangnya tidak terganggu, berikan anak susu yg tanpa gula tambahan, seperti anmum essential..yg kandungan gula nya 0 gram..

  19. yani

    June 20, 2011 at 3:41 pm

    bila anak sejak dini diberikan pendidikan yg baik, yg meliputi IQ dan EQ nya..maka di masa yg akan datang anak akan siap menghadapi persaingan..
    semua itu memerlukan persiapan yg matang, salah satu caranya dengan memberikan anak nutrisi yg lengkap sesuai kebutuhannya..
    makanan/minuman skrg ini banyak yg mengandung gula tambahan,padahal itu beresiko obesitas pada anak..maka lebih baik setelah asi berikan anak susu formula yg tanpa gula tambahan,seperti anmum essential..agar mengurangi resiko obesitas..

  20. riany anche

    June 20, 2011 at 4:13 pm

    iya dong supaya otak anak kita dapat bekerja dengan baik kan harus didukung pula oleh nutrisi yang baik yaitu susu dan makanan, dan yang pastinya yang no added sugar ya bun, untuk mengurangi anak terkena resiko obesitas..

  21. linda tsuji

    June 20, 2011 at 4:23 pm

    wah iya jangan sampe ga seimbang…memacu otak anak untuk bekerja lebih tp ga ada asupan nutrisi dan gizi yang baik..yang penting no added sugar bun supaya menjaga anak dari kata obesitas..

  22. sitti nabilla

    June 20, 2011 at 4:47 pm

    kasih anmum aja bun soalnya anmum itu no added sugar jadi aman untuk buah hati kita, otak cedas, badanpun sehat..

  23. mila

    July 4, 2011 at 4:51 am

    betul sekali sy setuju yang penting buah hati kita .. pendidikan berkala secara terus menerus membuat anak pintar

  24. Muhammad Riukup

    November 30, 2011 at 2:49 pm

    janganlah lalai terhadap anak-anak karna mereka yang akan menentukan nasip bangsa kita kedepannya

  25. yulia

    December 3, 2011 at 2:01 pm

    Pendidikan anak usia dini memang tidak bisa dianggap sepele, apalagi saat anak berada dalam masa emas pertumbuhannya (golden age), 3 tahun pertama yang akan berpengaruh untuk seluruh hidupnya. Sangat bermanfaat sekali postingnya, nice post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>