Info Kehamilan : Usia Maksimal Kehamilan

usia-maksimal-kehamilan

Tidak sedikit wanita yang menunda kehamilannya setelah menikah. Banyak alasan yang mendasari keputusan tersebut, antara lain ingin mengejar karier dan masih ingin menikmati masa-masa bulan madu bersama suami. Namun perlu diketahui bahwa pada usia akhir 30-an, kualitas dan fungsi organ reproduksi wanita mengalami penurunan dalam hal medis. Itulah sebabnya para dokter menganjurkan agar usia maksimal wanita hamil adalah 35 tahun, karena bila melebihi angka tersebut, resiko kehamilan bermasalah mungkin terjadi.

Tekanan darah meningkat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah meningkat selama masa kehamilan, sebelum 20 minggu, setelah 20 minggu, atau setelah 20 minggu dan diikuti oleh protein yang mengendap pada urin (preeclampsia). Kemungkinan hal ini terjadi lebih besar pada wanita yang lebih tua.

Pantau kesehatan Anda guna memastikan tekanan darah tetap normal dan perkembangan baik tetap baik. Anda mungkin perlu mengkonsumsi obat untuk mencegah melahirkan sebelum waktunya dan demi menghindari komplikasi di masa kehamilan .

Kemungkinan melahirkan melalui caesar

Ibu hamil yang lebih tua memiliki risiko komplikasi saat mengandung misalnya placenta previa (plasenta yang menutupi jalan lahir bayi). Hal ini membuat persalinan melalui jalan caesar menjadi lebih tinggi. Masalah persalinan menjadi salah satu problem utama bagi ibu yang hamil di atas usia 35 tahun.

Kemungkinan kromosom tidak normal

Bayi yang lahir dari ibu yang usianya di atas 35 tahun memiliki kemungkinan masalah kromosom yang lebih tinggi, misalnya down syndrome.
Kemungkinan mengalami keguguran kandungan

Risiko terjadinya keguguran kandungan juga meningkat saat Anda hamil setelah usia 35 tahun. Akan tetapi jangan menjadi takut untuk mengandung di usia tersebut. Apalagi bila memang masih dalam upaya ingin memiliki momongan. Berkonsultasilah sesering mungkin dengan dokter jika masih menginginkan momongan diusia tersebut.

1 Comment

  1. Pingback: Pre-eklampsia Pada Ibu Hamil | Artikel Kesehatan ibu dan Anak| Seputar Kehamilan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>