Inilah Perawatan Yang Perlu Dilakukan Pasca Kehamilan

Pasca kehamilan tentu mengakibatkan beberapa perubahan yang terjadi dalam tubuh sang ibu. Dalam hal ini penting sekali bagi Anda untuk mengetahui metode perawatan yang tepat setelah melahirkan. Sebagaimana perasaan ibu, tentunya Anda selalu mengutamakan anak Anda akan tetapi tentu Anda jangan mengabaikan diri sendiri. Adapun perawatan yang dilakukan pasca melahirkan bertujuan supaya Anda pun bisa menyesuaikan diri Anda dengan banyaknya perubahan pasca melahirkan.

Selama kehamilan 9 bulan, tentu membuat penampilan Anda pun berubah apalagi setelah melahirkan perut yang tadinya buncit menjadi kosong. Sebenarnya tak hanya perubahan pada perut saja, melainkan juga bagian tubuh lainnya, bahkan mental ibu pun akan mengalami perubahan pasca kehamilan. Untuk itu, ada beberapa tips perawatan yang perlu Anda lakukan setelah melahirkan berikut ini :

1.     Mengatasi Kontraksi Pasca Melahirkan

Kontraksi sebenarnya tak hanya dialami oleh ibu sebelum melahirkan saja, melainkan juga dirasakan setelah melahirkan. Biasanya rahim akan mengalami kontraksi, sebab kontraksi inilah yang membantu rahim supaya tak mengeluarkan darah yang terlalu banyak. Akan tetapi, justru kontraksi memberikan sensasi yang tidak nyaman yang Anda rasakan. Bila perut terasa semakin nyeri dan terjadi demam, sebaiknya segera konsultasikan diri Anda pada dokter kandungan.

2.     Mengatasi Ambeien Pasca Melahirkan

Tak sedikit ibu hamil mengalami yang namanya ambeien sesudah melahirkan. Dalam mengatasi hal ini, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, contohnya buah-buahan dan sayuran yang disertai dengan mengonsumsi air minum paling tidak 8 gelas dalam sehari supaya meneka konsistensi tinja. Selain itu, cara ini pun bisa meminimalisir nyeri ketika BAB sehingga ambeien pun bisa berkurang.

3.     Mengatasi Berat Badan Berlebih Pasca Melahirkan

Tubuh yang melar atau berat badan berlebih merupakan hal yang wajar terjadi dialami oleh setiap wanita pasca melahirkan. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab umumnya wanita pasca melahirkan kehilangan sebanyak 5 kg akibat plasenta, keluarnya cairan ketuban serta kelahiran bayi. Namun untuk beberapa hari sesudah melahirkan, Anda pun akan mengalami penurunan berat badan sebab tubuh pun membuang banyak cairan yang diperlukan ketika masa kehamilan. Jadi, Anda bisa menunggu sampai beberapa hari sesudah melahirkan supaya berat badan pun turun secara alami. Kemudian, Anda bisa melakukan program diet sehat dengan olahraga ringan. Tapi, jangan sampai lupa sebab Anda pun masih membutuhkan banyak nutrisi untuk menambah asupan ASI pada bayi Anda.

4.     Mengatasi Perubahan Emosional

Seperti kita ketahui, kelahiran atau kehamilan tak hanya berdampak pada fisik sang ibu saja melainkan juga berpengaruh pada perubahan emosional sang ibu setelah melahirkan. Hal yang normal bila ibu merasakan mudah cemas, labilnya mood, mudah emosi, sedih, gelisah, tersinggung dan sebagainya. Justru ada beberapa perempuan yang depresi ringan pasca melahirkan. Jika di rasa tidak begitu berat, Anda bisa mengatasi perubahan emosional dengan curhat bersama orang-orang terdekat atau suami tercinta. Anda bisa berkumpul bersama keluarga tercinta dan berbincang-bincang untuk mengurangi tekanan emosional yang Anda rasakan. Selain itu, bisa juga dengan bermain-main bersama si kecil tertawa bersama untuk menghilangkan mood yang labil pada diri Anda.

5.     Mengatasi Sakit Payudara

Pasca melahirkan beberapa hari, biasanya payudara pun mengencang lalu membengkak serta terasa nyeri bila disentuh. Selain itu, ASI lebih sering menetes atau keluar walaupun Anda tidak sedang menyusui. Nah, untuk mengatasi ketidaknyamanan di payudara Anda bisa dengan meletakkan kain yang basah yang dicelupkan pada air hangat ke payudara Anda saat sedang menyusui. Namun saat tidak sedang menyusui, Anda bisa meletakkan kain dengan air dingin pada payudara Anda. Hindari menggosok atau menyentuh payudara dalam perawatan pasca kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *