Kapan Bayi Anda Mulai Memerlukan Makanan Tambahan?

makanan-padat-bayi

Seiring pesatnya pertumbuhan bayi, pemberian ASI saja tidaklah mencukupi. Bayi anda mulai membutuhkan makanan tambahan. ASI eksklusif memang penting namun makanan tambahan selain ASI diperlukan untuk memberikan tambahan energy dan gizi untuk mendukung tumbuh kembang bayi anda.

Kapan Bayi Anda siap diberikan makanan tambahan?

Bayi memerlukan makanan tambahan umumya di usia 4-6 bulan ia mulai membutuhkan asupan tambahan. Pada usia ini organ pencernaan mulai siap menerima makanan lain selain ASI. Bayi juga membutuhkan zat-zat gizi yang sudah tidak dapat  terpenuhi dari pemberian ASI saja.

Tanda-tanda si kecil mulai memerlukan makanan tambahan :

  • Tidak puas dengan jatah ASI yang ditandai dengan bayi rewel karena lapar.
  • Terlihat tertarik pada apa yang anda makan.
  • Senang memasukan sesuatu ke dalam mulut untuk digigit atau dikunyah.
  • Berat badannya sudah mencapai dua kali lipat dari berat badan lahir.

Cara memperkenalkan makanan padat pertama pada si kecil :

-          Jangan memaksa si kecil untuk langsung menantap makanannya, perkenalkan si kecil dengan makanannya sedikit demi sedikit.

-          Ciptakan suasana makan yang menyenangkan, sehingga si kecil antusias untuk mencoba pengalaman makanan pertamanya.

-          Pemberian makan sebaiknya dilakukan secara bertahap, untuk memastikan kesiapan fisik si kecil. Mulailah dengan yang bentuk encer, kemudian makin lama makin kental. Sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan fisik dan kemampuan pencernaannya. Semakin berkembang fisik dan kemampuannya, semakin banyak pula zat-zat gizi yang dibutuhkan anak.

-          Pemberian makanan tambahan bayi juga bisa dalam bentuk biskuit bayi. Pilihlah biskuit yang berkualitas bagi tumbuh kembang bayi. Cara pemberian biskuit bisa dalam bentuk cair atau cukup diberikan kepada si kecil supaya bisa berlatih untuk mengambil, menggenggam, dan menggigitnya. Pilih biskuit yang kaya dengan AA dan DHA, prebiotik dan kalsium susu, serta vitamin dan mineral yang dapat membantu untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan otaknya secara optimal.

-          Dengan memberi makanan tambahan membantu memperkenalkan si kecil akan tekstur dan rasa sejak dini. Agar bayi anda juga memiliki memori yang memudahkan dia mengkonsumsi makanan bergizi. Selain itu membiasakan member makanan tambahan pada  si kecil mampu membantunya mempunyai ketrampilan mengunyah sejak dini .

-          Makanan tambahan membantu membiasakan pola makan teratur secara disiplin sejak dini, sehingga membantu untuk perkembangan fisik dan pola hidupnya kelak.

1 Comment

  1. Pingback: Resep Bayi Usia 9-12 Bulan — Informasi Seputar Ibu dan Anak dan Kesehatan Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>