Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

nutrisi-ibu-hamil

Kebutuhan nutrisi ibu hamil turut mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin. Selama masa kehamilan, hendaknya kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan dipenuhi. Apabila memang perlu, konsultasikanlah dengan dokter kandungan dan ahli gizi kepercayaan anda. Menurut penelitian, kebutuhan kalori pada waktu hamil meningkat sebesar 45% dari kondisi biasanya. Pada trimester pertama, kebutuhan kalori seorang wanita hamil adalah 2500 kalori per hari. Dengan berjalannya waktu dan pertambahan usia kehamilan, jumlah kebutuhan kalori pun akan meningkat sekitar 340 kalori setiap harinya pada trimester ke dua. Berbeda dengan trimester ke tiga yang mengalami peningkatan kebutuhan kalori sejumlah 450 kalori per hari.

Peningkatan jumlah kebutuhan kalori ini dipicu kebutuhan janin yang mengalami penyempurnaan organ tubuh. Inilah sebab kenapa seorang ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan nutrisi pada masa kehamilan. Menghindari ketidak-sempurnaan janin. Oleh karena itu, perlu diketahui tentang beberapa kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Protein sangat penting untuk memperbaiki jaringan sel. Kemampuan protein ini digunakan oleh tubuh untuk perkembangan janin. kebutuhannya sekitar 60 gr setiap harinya.

Karbohidrat mensupply jumlah kebutuhan kalori sebesar 60%. Karbohidrat ini menjadi sumber energi utama yang dapat digunakan langsung. Oleh karena itu kebutuhan karbohidrat juga harus dipenuhi sebesar 1500 kalori per hari.

Vitamin berfungsi sebagai pertahanan tubuh. Dalam konteks kehamilan, vitamin digunakan sebagai bahan untuk sistem kekebalan janin. Kebutuhan ini cukup besar mengingat selain janin, sang Ibu juga membutuhkan sistem kekebalan tubuh.

Asam Folat merupakan nutrisi dasar dalam pembentukan dan perkembangan otak janin.

Mineral juga sangat berguna untuk memperkuat sistem imunitas dan pembentukan sel.

Unsur-unsur tersebut diatas, adalah beberapa unsur dasar yang sangat penting dan wajib dipenuhi sebagai kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil.

1 Comment

  1. halimah

    April 11, 2012 at 10:52 pm

    apakah nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan cukup tergantikan dengan hanya mengkonsumsi susu formula yang selama ini di gemborkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>