Kegunaan dan Cara Menghitung Kalkulator Kehamilan

Kalkulator kehamilan adalah salah satu cara untuk mengetahui berapa usia kehamilan serta perkiraan kapan persalinan akan terjadi. Meskipun hal tersebut bisa diperkirakan oleh dokter namun tidak ada salahnya untuk melakukan penghitungan sendiri. Dalam menghitung kalkulator kehamilan ini juga tidak sulit, yang terpenting mengetahui pasti kapan terakhir haid dan lamanya siklus haid seorang wanita. Memanfaatkan kalkulator kehamilan untuk mengetahui usia kehamilan sangatlah penting. Selain bisa memberikan informasi yang tepat jika ada yang bertanya berapa usia kehamilan tersebut, tapi juga sebagai salah satu cara merawat kehamilan.

Seperti yang diketahui bahwa setiap masa kehamilan maka pertumbuhan janin pun sedang berlangsung didalamnya. Dan nutrisi yang diperlukan bagi tumbuh kembang janin tersebut pastinya berbeda porsi dan jenisnya di setiap masing-masing usia kehamilan. Dengan mengetahui usai janin yang tepat juga bisa membuat sang ibu lebih berjaga-jaga, hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di usia kehamilan itu.

Kegunaan kalkulator kehamilan

Ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari menggunakan kalkulator kehamilan ini, seperti berikut ini :

·         Menentukan kapan tanggal persalinan, sehingga pasangan suami istri bisa merencanakan jauh-jauh hari segala hal berkaitan dengan persalinan kelak. Seperti mencari rumah sakit, mempersiapkan barang-barang untuk persalinan atau latihan dulu sebelum menghadapi persalinan secara nyata

·         Mengetahui berapa minggu usia kehamilan

·         Memperkirakan usia janin, usia janin ini berkaitan erat dengan pertumbuhan organ-organ tubuh janin, sehingga sang ibu bisa mengetahui di usia tertentu pertumbuhan organ bagian mana yang sedang tumbuh. Dengan mengetahui usia janin, sang ibu juga bisa mengetahui asupan nutrisi yang tepat untuk calon bayinya

·         Menghitung tanggal konsepsi / pembuahan

·         Mengetahui akhir trimester pertama dan kedua, sehingga bisa mempersiapkan diri untuk melewati gejala kehamilan yang akan muncul di trimester berikutnya

Perhitungan menggunakan kalkulator kehamilan ini dirasa lebih akurat ketimbang menghitung secara manual. Bisa dilihat dengan kemapuan kalkulator ini yang bisa menghitung kapan pembuahan diperkirakan terjadi sehingga usia janin yang diperkirakan pun bisa mendekati angka yang tepat.

Cara menggunakan kalkulator kehamilan

Bentuk kalkulator kehamilan sendiri sebenarnya hanya berupa tabel-tabel saja dengan beberapa informasi data yang diperlukan. Saat ini sudah banyak website-website yang membahas tentang kehamilan dan menyertakan kalkulator kehamilan untuk menghitung usia kehamilan tersebut. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Di beberapa kalkulator kehamilan yang sederhana biasanya hanya memerlukan informasi berupa HPHT yaitu Hari Pertama Haid Terakhir. Dengan bermodal informasi ini saja kalkulator kehamilan akan dengan otomatis menghitung perkiraan pembuahan terjadi, usia janin, kapan janin siap dilahirkan dan waktu persalinan akan terjadi.

Untuk penghitungan yang lebih akurat biasanya kalkulator kehamilan juga meminta informasi mengenai siklus rata-rata haid. Biasanya siklus rata-rata haid sendiri adalah 28 hari, namun ada juga wanita yang siklus rata-rata haidnya lebih atau kurang, biasanya berkisar 21 – 35 hari. Tapi jika tidak mengatahui berapa siklus rata-rata haid yang dipunya juga tidak mengapa dan kalkulator kehamilan akan mengambil rata-rata siklus haid normal yang 28 hari. Sedangkan untuk HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir) adalah hari pertama ketika haid di periode terakhir. Nah, artinya sang ibu harus mengingat-ingat kapan tanggal pertama terjadinya menstruasi terakhir.

Meski mendekati akurat namun kalkulator kehamilan pun tidak selalu tepat. Faktanya ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi waktu persalinan bisa maju atau mundur dari perkiraan kalkulator kehamilan tersebut. Seperti obesitas, kehamilan anak pertama, jenis kelamin bayi laki-laki dan memiliki warisan genetik lambat dalam melahirkan adalah beberapa faktor penyebab tanggal persalinan meleset dari perhitungan kalkulator kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *