Kenali Penyebab Nyeri Ulu Hati

dispepsia

Apakan anda sering merasakan nyeri di ulu hati? Ada beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya dispepsia, yaitu pengeluaran asam lambung berlebih, pertahanan dinding lambung lemah, infeksi helicobacter pylori (sejenis bakteri yang hidup di dalam lambung dalam jumlah kecil), gangguan gerakan saluran pencernaan, dan stres psikologis.Dari sekian penyebab timbulnya dispepsia, yang paling dikenal orang adalah maag, atau tukak lambung. sakit maag disebabkan oleh berbagai faktor. Keluhan yang timbul bisa terjadi karena akibat peningkatan asam lambung yang berlebihan didalam lambung. Keadaan ini dapat disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu, misalnya makan-makanan yang terlalu pedas,asam, minum kopi, atau mengonsumsi alkohol. selain itu stres fisik dan psikis juga dapat merangsang produksi asam lambung berlebih, sehingga mengakibatkan gangguan maag.

Selain penyebab umum dispepsia yang sudah disebutkan diatas, masih banyak lagi penyebab nyeri ulu hati yang lainnya.seperti luka pada kerongkongan, kanker lambung dan tenggorokan, penyakit saluran empedu, pankreatitis, konsumsi obat-obatan, kanker hati, penyakit sistemik (diabetes, gondok) dan lain sebagainya.

Pemeriksaan Dispepsia

Gejala yang menyertai sindrom dispepsia tak hanya nyeri di ulu hati, tetapi dapat juga berupa rasa mual, kembung, perut terasa penuh, muntah, cepat kenyang,sering bersendawa, diare,serta nyeri dada. Sering kali seseorang salah mengira nyeri dada yang dirasakannya sebagai gejala penyakit jantung.

Ada baiknya kita memeriksakan diri ke dokter untuk lebih pasti mengetahui penyebab rasa nyeri ulu hati yang dirasakan. Dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium. pemeriksaan tersebut meliputi : pemeriksaan tinja (apakah ada telur cacing,parasait lain) darah perifer lengkap (Hb,Ht,leukosit, dan trombosit), kimia darah (fungsi hati, gula darah, fungsi ginjal), elektrolit darah, fungsi gondok (TSH, T4, dan T3 serum), infeksi helicobacter pylori (urea breath test). selain itu pemeriksaan endoskopi saluran cerna atas mungkin juga dilakukan, karena endoskopi memiliki sensitivitas dan spesifikasi dalam mendeteksi kelainan di lambung.

4 Comments

  1. Resita

    March 7, 2012 at 2:13 pm

    dok saya sering merasa sesak di dada tengah apa itu yang disebut ulu hati jg ?

  2. rico

    March 23, 2012 at 4:58 am

    dok sy mohon penjelasannya…krn sy mengalami masalah lambung jg,sy sering mengalami nyeri di ulu hati,dan sekarang ini sering mengalami kaya orng yg lg mabok kaya pandangan terputar,dan klau itu sdh berlebihan pasti akan rasa mual dan muntah,dan daerah pinggang sy klau sy balik badan sy ke kiri didaerah pinggang sy rasa sakit,dan dada sy klau tarik nafas panjang kaya kurang nyaman dlm bernafas rasa dada sesak…dan berat badan sy mengalami penurunan….mohon penjelasannya dok kira2 apa penyebabnya dan bagaimana cara pengobatannya,krn sdh hmpir 3 bln sakit sy blm ada perubahan…

  3. sammy

    June 2, 2012 at 8:20 pm

    dok, saya juga sering merasakan sakit dada di bagian kiri atas..
    klo nafas suka sakit banget… itu knp yah?
    mengarah ke paru2, atau maag?
    tp saya gak batuk2..
    makasii

  4. R Yudith Wiradinata

    December 13, 2012 at 3:07 pm

    Dok , saya beberapa hari yang lalu sakit setelah diperiksa ternyata asam lambung naik dan menimbulkan gas yg berlebih, dan kepala rasanya pusing seperti sehabis mab*k, dan stelahnya kenapa bisa timbul perasaan paranoid ya dok? jd suggest sendiri dok, apakah gas asam lambung tersebut mempengaruhi kepala jadi pusing? dan mual eneg di ulu hati yg rasanya mau muntah terus dok.?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>