Kenali Penyebab Nyeri Ulu Hati

dispepsia

Apakan anda sering merasakan nyeri di ulu hati? Ada beberapa hal yang menjadi penyebab timbulnya dispepsia, yaitu pengeluaran asam lambung berlebih, pertahanan dinding lambung lemah, infeksi helicobacter pylori (sejenis bakteri yang hidup di dalam lambung dalam jumlah kecil), gangguan gerakan saluran pencernaan, dan stres psikologis.Dari sekian penyebab timbulnya dispepsia, yang paling dikenal orang adalah maag, atau tukak lambung. sakit maag disebabkan oleh berbagai faktor. Keluhan yang timbul bisa terjadi karena akibat peningkatan asam lambung yang berlebihan didalam lambung. Keadaan ini dapat disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu, misalnya makan-makanan yang terlalu pedas,asam, minum kopi, atau mengonsumsi alkohol. selain itu stres fisik dan psikis juga dapat merangsang produksi asam lambung berlebih, sehingga mengakibatkan gangguan maag.

Selain penyebab umum dispepsia yang sudah disebutkan diatas, masih banyak lagi penyebab nyeri ulu hati yang lainnya.seperti luka pada kerongkongan, kanker lambung dan tenggorokan, penyakit saluran empedu, pankreatitis, konsumsi obat-obatan, kanker hati, penyakit sistemik (diabetes, gondok) dan lain sebagainya.

Pemeriksaan Dispepsia

Gejala yang menyertai sindrom dispepsia tak hanya nyeri di ulu hati, tetapi dapat juga berupa rasa mual, kembung, perut terasa penuh, muntah, cepat kenyang,sering bersendawa, diare,serta nyeri dada. Sering kali seseorang salah mengira nyeri dada yang dirasakannya sebagai gejala penyakit jantung.

Ada baiknya kita memeriksakan diri ke dokter untuk lebih pasti mengetahui penyebab rasa nyeri ulu hati yang dirasakan. Dokter akan melakukan pemeriksaan laboratorium. pemeriksaan tersebut meliputi : pemeriksaan tinja (apakah ada telur cacing,parasait lain) darah perifer lengkap (Hb,Ht,leukosit, dan trombosit), kimia darah (fungsi hati, gula darah, fungsi ginjal), elektrolit darah, fungsi gondok (TSH, T4, dan T3 serum), infeksi helicobacter pylori (urea breath test). selain itu pemeriksaan endoskopi saluran cerna atas mungkin juga dilakukan, karena endoskopi memiliki sensitivitas dan spesifikasi dalam mendeteksi kelainan di lambung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *