Makanan Bergizi Penting Bagi Kesehatan Janin

Kesehatan janin merupakan hal paling penting bagi ibu hamil. Khususnya pada ibu hamil trimester pertama, tentu sangat penting menjaga kesehatan dan makanan bergizi supaya janin tetap sehat dan tumbuh dengan sempurna. Untuk itu pada usia kehamilan trimester pertama ini, ibu hamil wajib menjaga asupan makanan yang masuk demi tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Ibu hamil wajib berhati-hati menyeleksi makanan yang dikonsumsi selain untuk janin juga untuk menjaga kondisi ibu hamil itu sendiri. Apalagi di trimester pertama kehamilan pastinya sering mengalami morning sickness, tentunya menjaga asupan demi meminimalisir gejala morning sickness serta demi menyehatkan kondisi ibu hamil.

Makanan Bergizi Bagi Ibu Hamil

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi selain menekan gejala morning sickness, juga menghindari keguguran serta bayi cacat ketika dilahirkan. Kehamilan merupakan momen yang begitu berharga bagi suami istri, sebab membawa kebahagiaan bagi kedua pasangan. Selain itu, mempunyai bayi yang cerdas dan sehat tentu menjadi idaman setiap pasangan suami istri. Faktor yang paling penting dalam menjaga kesehatan janin hingga melahirkan adalah faktor asupan makanan. Ada beberapa jenis makanan bergizi yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil di usia kehamilan trimester pertama berikut ini :

1.     Buah-Buahan

Salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil adalah buah-buahan. Bagi ibu hamil yang usia kehamilannya menginjak 1 bulan, buah-buahan sangat penting untuk dikonsumsi. Pastikan bunda memilih buah yang masih segar dibandingkan memilih buah kalengan. Untuk ibu hamil sendiri, buah-buahan tak hanya memberikan nutrisi yang begitu banyak melainkan juga kandungan seratnya yang bermanfaat untuk mengatasi terjadinya sembelit ketika masa kehamilan. Sementara untuk sang janin sendiri, nutrisi yang terkandung pada buah-buahan sangat baik bagi tumbuh kembangnya. Adapun aneka macam buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi adalah alpukat, tomat, pisang, jeruk, apel, anggur dan masih banyak lagi yang lainnya. Sementara, buah-buahan yang dilarang bagi ibu hamil di antaranya delima, pepaya muda, nanas, durian dan delima.

2.     Sayuran

Seperti pada umumnya, wanita hamil sering mengalami yang namanya morning sickness. Jika Anda mengalami mual dan muntah yang berlebihan selama kehamilan, bisa diatasi dengan mengonsumsi banyak macam sayuran hijau dan segar. Di samping itu, sayuran mengandung zat besi yang bisa meminimalisir rasa mual serta membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan untuk pembentukan janin dan mencegah terjadinya anemia. Sayuran hijau sendiri mengandung banyak nutrisi penting di dalamnya seperti asam folat. Asam folat merupakan salah satu senyawa  yang sangat efektif untuk membantu proses kehamilan dan mencegah cacat lahir pada bayi. Adapun jenis sayuran dengan kandungan asam folat tinggi di antaranya sawi, brokoli, dan bayam.

3.     Seafood

Makanan yang baik untuk dikonsumsi saat masa kehamilan adalah seafood. Makanan laut memiliki kandungan asam lemak jenis omega 3 dan juga protein tinggi. Di mana nutrisi yang terkandung dalam seafood ini memang sangat baik bagi perkembangan kecerdasan otak bayi. Jadi, jika bunda ingin mempunyai anak yang cerdas jangan sungkan-sungkan mengonsumsi makanan yang satu ini. Namun satu hal yang pasti, Anda harus benar-benar tepat mengolah makanan laut ini.

4.     Olahan Susu

Saat masa kehamilan, wanita hamil sangat dianjurkan mengonsumsi banyak produk olahan dari susu. Hal ini dikarenakan pertumbuhan sel-sel untuk tumbuh kembang janin memerlukan protein yang cukup tinggi, tidak terkecuali tumbuh kembang janin yang begitu pesat dengan begitu sang ibu pun memerlukan asupan protein yang begitu tinggi demi menjaga kesehatan janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *