Masalah Kesuburan

Statistik menujukan bahwa 15 % pasangan di seluruh dunia mengalami kemandulan. Artinya mereka tidak mampu mendapatkan kehamilan setelah berhubungan seks tanpa alat KB selama lebih dari 1-1.5 tahun. Tetapi yang jelas gagal hamil selama kurangh lebih setengah tahun bukan berarti vonis mati bahwa anda mandul.
Sangat banyak sekali pasangan yang akhirnya bisa mendapatkan kehamilan setelah waktu itu, kendati tidak melakukan pemeriksaaan atau pegobatan apapun. Ini merupakan bukti bahwa soal kesuburan ini masih merupakan misteri

Namun jika memang Anda sudah sangat ingin hamil dan hingga kini belum berhasil, maka ada dua solusi yang dapoat anda pertimbangkan, yaitu

1. Solusi non medis adalah usaha -usaha yang dilakukan tanpa melibatkan tenaga dan sarana kesehatan. ini lebih bersifat swadaya atau dilakukan sendiri. ada beberapa hal yang anda bisa lakukan brkaitan dengan solusi non medis ini, diantaranya ;

a. Memperhatikan asupan nutrisi
merek yang ingin subur sangat perlu memperhatikan masalah asupan nutrisi, tidak hanya bagi istri tetapi juga sang suami. Hindari diet makanan-makanan pengendali berat badan. pilihlah makanan sehat yang mengandung banyak protein, asam lemak esensian, mineral, dan vitamin.

zat – zat ini banyak terkandung di dalam makanan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Usahakan bahan-bahan makanan ini masuk ke dalam menu makanan sehari hari. Asupan kalori harus disesuaikan tubuh. pilihlah makanan yang segar, serta memperhaikan pula cara pengolahannya supaya zat-zat gizi yang terkandung didalamnya tidak rusak.
Usahakan untuk memvariasikan makanan yang anda makan , jangan sampai makan makanan yang sama terus menenerus. Jangan lupa pula untuk menghindari makanan-makanan yang banyak mengandung zat pengawet atau makanan dalam kemasan yang disertai pengawet.

B. Memperhatikan waktu dan cara senggama

Usahakan untuk melakukan senggama pada masa subur sang istri. Masa subur istri adalah pada saat dia sedang berovulasi. untuk mengetahui suhu tubuhnya yang biasanya lenih hangat, bisa juga dengan melihat mucus ( cairan pada vagina ), dan berdasarkan kalender haid. kalender haid keseburan pada wanita umumnya yang punya siklus haid 28 hari adalah empat belas hari setelah haid hari pertama.
Cara senggama juga mennetukan di dalam proses kehamilan , di mana cara senggama yag terbaik adalah yang membuat cairan sperma masuk semual kedalam lubang rahim tanpa ada yang terbuang. salah satu teknik senggama yang paling dianjurkan adar istri cepat hamil adalah missionary position ( suami diatas istri dan saling berhadapan ).

C. Memperhatikan berat badan
Untuk pria maslash berat badan berlebih dapat mengganggu suhu testis. agar berfungsi maksimal sushu testis harus terjaga.
Jika badan terlalu gemuk suhu badan di skitar testis akan memanas dan mengganggu proses spermatogenesis. untuk wanita, masalah berat badan terutama barkaitan dengan hormon estrogen yang dihasilkan oleh lemak, gangguan hormon ini menyebabkan haid yang tidak teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *