Panduan memilih botol susu yang aman

Jika anda memutuskan untuk memberikan ASI atau susu formula dengan botol, pastikan anda memilih botol yang aman. berikut panduannya :Dot :
Pilihlah yang terbuat dari silikon yang biasanya berwarna bening. Dot dari karet lateks tidak dianjurkan sebab dapat menimbulkan reaksi alergi dan di duga menyebabkan kanker.
Laju aliran susu melalui dot, tergantung dari merek dot yang anda pilih. Pilihlah dot yang tepat. Untuk bayi baru lahir, berikan dot berukuran lubang kecil sehingga bayi tidak tersedak. dan, untuk  anak yang lebih besar, pilihlah dot yang mampu mengalirkan susu lebih kencang untuk menghindarinya dari kembung. Gantilah dot yang sudah sobek atau berwarna kusam.

Botol
Agar pasti aman dari zat berbahaya, sebaiknya pilihlah botol kaca atau botol yang sudah mendapat sertifikat BPA-Free. bentuk botol juga mempengaruhi kesehatan bayi. Untuk menghindari kolik, pilih botol yang memiliki sistem katup udara atau bentuk melengkung. Pastikan bentuk botol itu tidak telalu aneh sehingga mudah dibersihkan. pilih juga yang ukurannya pas dengan takaran minum si kecil.

Air
Gunakan air matang yang bersih. Gunakan filter untuk memastikan kebersihannya. jika air minum di tempat anda mengandung fluoride, gunakan filter osmosi.

Susu
Jika tidak memakai ASI, gunakan susu formula bubuk yang dicairkan dengan air suam-suam kuku.

Pembersihan
Rebus botol di panci atau gunakan alat steril botol. Jangan gunakan microwave karena akan menyebabkan bahan kimia botol terurai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *