Perencanaan Persalinan

proses-persalinanTak ada seorang pun dapat menentukan dengan tepat proses persalinannya. Namun, Anda dapat membuat rencana persalinan yang mendekati dengan perhitungan kemungkinan terbesar yang akan dialami, berdasarkan pemeriksaan kehamilan selama ini. Anda akan lebih siap dalam menghadapi persalinan, jika memiliki gambaran kura-kira seperti apa proses yang akan anda alami.

Mungkin terdengar sepele, tapi membuat rencana persalinan akan sangat membantu hari penting Anda. Banyak Ibu hamil yang tahu dengan jelas, apa yang dia mau untuk persalinannya, namun seluruh ingatan itu buyar di hari H. Lebih banyak lagi Ibu hamil yang belum memiliki bayangan jelas akan persalinannya.Rencana persalinan membantu Anda memperhatikan hal-hal penting, juga membantu staf medis bila Anda akan melahirkan di rumah sakit yang memiliki rotasi staf.Langkah pertama adalah mendiskusikan ide persalinan yang Anda pikirkan, dengan bidan atau dokter. Hubungan antara calon Ibu dengan dokter dan bidannya amatlah penting.
Dengan ini, Anda bisa mendapat ide yang jernih; apa saja yang dapat dijalankan dan yang tidak.Setelah menulis rencana persalinan Anda, berikanlah salinannya kepada pasangan Anda, dan orang-orang lain yang akan terlibat dalam persalinan nantinya. Pastikan mereka jelas akan pandangan anda, sehingga mereka dapat mewakili anda untuk menghadapi pertanyaan dari staf medis, bila anda berhalangan.Anda juga bisa membawa daftar rencana tersebut ke rumah sakit nanti. Walaupun sebagian besar rumah sakit memiliki kebijakan tertentu mengenai praktik persalinan, namun mereka akan berusaha sebisa mungkin memenuhi keinginan Anda. Juga, penting bagi Anda untuk bersikap fleksibel, karena proses persalinan bisa jadi tidak berjalan persis seperti rencana Anda.

Dalam daftar rencana persalinan Anda, hal-hal di bawah penting untuk diikutkan:

• Seaktif apakah Anda menginginkan pasangan anda, dalam membantu persalinan

• Siapakah yang menjadi wakil anda kepada staf medis, ketika Anda berhalangan atau dalam pengaruh anestesi.

• Apakah Anda bersedia menggunakan forseps atau vakum

• Masa menyusui: apakah Anda ingin memulai secepat mungkin, hanya bila bayi membutuhkan, atau hanya pada waktu tertentu?

• Apakah Anda bersedia ditemani oleh calon bidan atau calon dokter saat melahirkan.

• Menggendong bayi Anda setelah lahir: Apakah ingin sesegera mungkin, setelah dimandikan dan diselimuti, atau berikan kepada pasangan jika Anda masih dalam pengaruh anestesi.

• Apakah Anda ingin bayi Anda menemani di keranjang bayi di samping Anda, atau ditidurkan di kamar khusus bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *