Susu formula bayi

susuformulabayi

www.sehatgroup.web.id

Apa itu susu Formula Bayi?

Susu formula bayi adalah cairan atau bubuk dengan formula tertentu yang diberikan pada bayi dan anak-anak. Mereka berfungsi sebagai pengganti ASI. Susu formula memiliki peranan yang penting dalam makanan bayi karena seringkali bertindak sebagai satu-satunya sumber gizi bagi bayi. Karenanya, komposisi susu formula yang diperdagangkan dikontrol dengan hati-hati dan FDA (Food and Drugs Association/Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika) mensaratkan produk ini harus memenuhi standard ketat tertentu.Bagaimana FDA mengatur Susu Formula?

Kualitas keamanan dan gizi dari susu formula dipastikan dengan mensaratkan para produsen mengikuti prosedur tertentu dalam memproduksinya. Bahkan, ada hukum – yang dikenal sebagai Ketentuan Susu Formula bagi Bayi – yang memberikan FDA kekuasaan untuk menciptakan dan menerapkan standard pembuatan susu formula bayi. Para produsen harus menganalisa setiap periode produksi untuk memastikan tingkatan gizi dan memastikan keamanannya. Kemudian mereka diharuskan untuk mengambil contoh, memastikan bahwa produk tersebut akan tetap baik sekalipun disimpan di rak-rak toko. Susu formula bayi juga diharuskan memiliki kode-kode kemasan untuk meng-identifikasi periode produksi dan para produsen harus menyimpan detail setiap produksi beserta analisanya.

Apakah FDA memiliki spesifikasi gizi tertentu bagi susu formula bayi?

Dalam daftar peraturan FDA ada nilai minimum dari kandungan 29 gizi dan nilai maksimum dari 9 gizi tersebut. Semua susu formula yang dipasarkan di Amerika Serikat harus memenuhi persyaratan gizi tersebut. Dengan semakin banyaknya informasi yang tersedia tentang kebutuhan gizi pada bayi, spesifikasi gizi FDA untuk susu formula mungkin saja dirubah sesuai perkembangan informasi tersebut.

Apakah sebuah susu formula harus disetujui FDA sebelum dilempar ke pasar?

Secara hukum, hal tersebut tidak dibutuhkan, namun FDA meminta para perusahaan untuk menyampaikan informasi-informasi tertentu sebelum mereka melempar produk baru susu bayi ke pasar. Para produsen diharuskan memastikan bahwa mereka telah mengikuti standard pembuatan yang baik dan prosedur pengawasan kualitas serta bahwa susu tersebut akan mendukung perkembangan bayi. Jika hal tersebut tidak dilakukan, FDA akan menolak niat produsen memasarkan susu tersebut, namun, produsen dapat saja memasarkan produk baru tersebut sekalipun tidak disetujui FDA.

Bagaimana orang tua memilih susu formula untuk bayi mereka?

Banyak pilihan dengan berbagai jenis susu formula tersedia di pasaran. Orang tua sebaiknya bertanya kepada dokter anak mereka jika mereka ragu memilih susu formula bagi bayi mereka.

Apakah bayi yang diberi susu formula membutuhkan tambahan vitamin dan mineral?

Bayi yang diberi susu formula tidak membutuhkan gizi tambahan kecuali jika susu yang diberikan adalah susu rendah zat besi. Jika bayi diberi susu yang rendah nilai zat besi nya, petugas kesehatan mungkin akan menyarankan untuk memberikan sumber zat besi tambahan, biasanya setelah bayi berusia 4 bulan keatas.

Spesifikasi gizi susu formula dari FDA dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Sebagai tambahan, para produsen meng-klaim bahwa nilai gizi yang mereka cantumkan pada label pada umumnya memiliki tingkatan yang lebih tinggi daripada syarat minimum FDA dan mereka juga menambahkan vitamin-vitamin lain dalam tingkatan tertentu sehingga sesuai dengan label sepanjang belum melewati masa kadaluarsa.

Apakah susu formula bayi dengan “merek rumahan” atau generic vitaminnya berbeda dibanding susu dari merek-merek terkenal?

Semua susu formula bayi yang dipasarkan di Amerika Serikat harus memenuhi spesifikasi yang ditetapkan oleh FDA. Para produsen susu formula bayi harus memiliki formula-formulanya sendiri, namun produk tersebut harus mengandung setidaknya tingkatan minimal untuk segala vitamin yang tercantum dalam peraturan FDA, tanpa melewati batas maksimum, apabila batas maksimum memang ditetapkan.

Beberapa pernyataan dalam label kandungan produk adalah termasuk bahan sebagai tambahan vitamin dan bahan yang sudah kita kenal misalnya susu. Mengapa perlu tambahan bahan tersebut?

Susu formula cair yang terkonsentrasi dan siap minum seringkali mengandung bahan tambahan seperti lecithin, carrageenan, dan mono – serta diglyecerides agar komposisi susu tersebut tidak terpisah selama masa simpannya.

Apa arti tanggal “kadaluarsa” pada label produk susu formula?

Tanggal “kadaluarsa” yang tercantum pada produk, adalah tanggal yang dipilih oleh produsen berdasarkan tes dan informasi-informasi lainnya, untuk menginformasikan para distributor dan konsumen tentang kualitas produk tersebut. Sampai tanggal tersebut, susu formula bayi tersebut akan mengandung gizi tepat seperti yang tertulis pada label dengan kualitas yang baik. Tanggal “kadaluarsa” disyaratkan oleh peraturan FDA pada setiap kemasan susu formula.

Apa yang dimaksud dengan susu formula palsu/tiruan? Bagaimana saya membedakannya dengan yang asli ?

Susu formula tiruan/palsu adalah susu formula yang telah diambil dari jalur distribusi normal dan kemudian diganti labelnya. Produk tersebut kemudian mungkin akan diberi label baru untuk memberikan informasi kualitas atau identitas yang salah. Misalnya, jika sebuah susu formula sudah kadaluarsa, label palsu mungkin mencantumkan tanggal “kadaluarsa” palsu untuk menutupi kenyataan bahwa produk sudah tidak lagi mengandung nilai gizi yang tertera di label dan sehingga sudah tidak sepatutnya dikonsumsi. Contoh kedua, susu formula mungkin di beri label baru untuk menyamarkan kandungan produk. Bayi yang alergi terhadap bahan tertentu dan diberi produk palsu tersebut mungkin akan mengalami masalah kesehatan yang sangat serius.

Untuk melindungi bayi, orangtua atau pengasuh harus selalu awas dengan prubahan pada warna susu, bau atau rasa. Orangtua harus memastikan bahwa nomor Lot dan tanggal ”kadaluarsa” di kemasan dan kardus sama (jika membeli dalam jumlah kardusan), periksa kerusakan kemasan, dan hubungi nomor bebas pulsa produsen jika anda curiga atau punya pertanyaan.

Saya melihat air minum kemasan botol yang diberi tanda untuk digunakan sebagai pencampur susu formula. Apa maksudnya?

Para produsen susu formula mencantumkan cara mencampur produk mereka dengan air dan biasanya tidak secara spesifik menjelaskan sumber air yang patut digunakan, namun hanya menyarankan untuk menggunakan air yang aman diminum. Sebenarnya, cukup aman menggunakan air minum dari ledeng yang dididihkan selama satu menit atau seperti petunjuk pada label produk. Beberapa produsen air kemasan ingin membuat air minum kemasan yang khusus untuk para bayi dan dapat digunakan untuk mencampur susu formula. JIka produsen sudah melabel bahwa produknya ditujukan untuk bayi, air tersebut harus memiliki kualitas yang sama dengan standard air ledeng yang ditetapkan Agen Perlindungan Lingkungan. Label ini juga harus menunjukkan bahwa air kemasan ini tidak steril. Sebagaimana air ledeng, konsumen disarankan untuk mendidihkan airnya selama satu menit sebelum mencampurnya dengan susu formula. Air yang sudah disterilisasi oleh produsen dan ditujukan untuk konsumsi bayi harus memenuhi standarisasi ketat FDA.

Apakah ada resep susu formula rumahan yang telah disetujui?

FDA mengatur susu formula yang tersedia di pasaran, yang dipasarkan dalam bentuk cair dan bubuk, namun tidak mengatur resep pembuatan susu formula rumahan. Pembuatan susu formula di rumah harus dilakukan dengan amat hati-hati, dan keamanan harus menjadi hal yang utama. Masalah-masalah yang mungkin timbul akibat pemilihan dan kombinasi yang salah dari bahan-bahan pembuat susu formula dapat sangat serius dan bervariasi dari ketidak seimbangan gizi yang akut hingga produk yang membahayakan bayi. Karena masalah serius yang mungkin terjadi inilah, FDA tidak merekomendasikan konsumen untuk membuat susu formula sendiri.

Bagaimana menyiapkan susu formula?

Susu formula tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk yang siap minum, dalam kemasan kaleng 32oz dan tidak membutuhkan persiapan apapun. Begitu dibuka, susu ini harus dimasukkan kedalam kulkas dan digunakan dalam waktu 48 jam. Produk ini biasanya berharga paling mahal.
Susu formula juga bisa dikonsentrasikan dalam kaleng 13oz, dan perlu dicairkan dengan air dengan perbandingan 1:1 (satu bagian air untuk satu bagian susu konsentrat). Bubuk formula disiapkan dengan mencampur satu sendok susu dengan dua bagian air. Susu bubuk berharga ekonomis. Saat membandingkan harga susu formula, periksa berapa banyak susu yang dihasilkan dari satu kaleng, karena seringkali kaleng yang besarnya sama tidak menghasilkan jumlah susu yang sama.

Jika anda tinggal di kota dengan air yang disanitasi dan anda menyiapkan botol satu demi satu, maka merebus air atau mensterilisasi botol dan dot tidaklah perlu. Anda dapat menggunakan air dari kran dan botol dapat dicuci hanya dengan air sabun hangat atau dalam mesin cuci piring. Jika anda tidak yakin air anda aman, atau jika anda menggunakan air tanah, maka sebaiknya anda mendidihkan air lima menit sebelum menyiapkan susu formula.

Mendidihkan air ketika mempersiapkan susu formula direkomendasikan secara umum walaupun dulunya dianggap berlebihan. Pada tahun 1993, sebuah wabah cyclosporiasis yang berasal dari air yang terkontaminasi di Milwaukee membuat para petugas untuk kembali menyarankan air mendidih untuk membuat susu bayi. Namun Perkumpulan Dokter Anak Amerika (AAP) memang menyarankan air yang akan digunakan untuk membuat susu bayi harus dididihkan. Jika anda tidak ingin mendidihkan airnya terlebih dahulu, anda dapat menggunakan ‘air kemasan steril’. Air kemasan tanpa tanda sudah disterilkan, sebaiknya juga dididihkan.

Anda harus membuang sisa susu formula yang tidak habis di botol.

Bayi anda mungkin mau minum susu yang dicampur dengan air dingin, atau dia malah ingin susu yang hangat. Anda dapat menghangatkan susu dengan menempatkan botol pada air panas yang mengalir, menggunakan penghangat botol atau dengan kompor. Jangan panaskan susu formula dengan microwave, karena dapat menghasilkan kantung-kantung panas dalam botol yang dapat membakar bayi anda. Dan selalu tes suhu susu formula sebelum memberikannya ke bayi anda.

Jika anda menggunakan susu siap minum atau menggunakan susu konsen

 

61 Comments

  1. arienta

    August 3, 2011 at 1:45 am

    makasih infonya …tp anak saya kurang suka susu yang terlalu manis jd ada ga sie susu yg ga terlalu manis tanpa mengurangi kegunaan susu itu sendiri ?

    • maylinda

      August 3, 2011 at 1:56 pm

      sekarang kan ada susu yg tanpa gula tambahan, bunda..
      rasanya nggak terlalu manis tapi nutrisinya tetap lengkap..
      coba aja dicari di supermarket..udah ada kok..

  2. susan

    August 3, 2011 at 2:27 am

    bener ga sie kalo susu formula banyak yg mengandung banyak gula tambahannya saya takutnya bisa jd obesitas

    • Vivian

      August 3, 2011 at 7:01 am

      hmmm…saya jg baru2 ini dengernya tuh mba..ktnya sih cek aja d web nya gula…hmmm namanya cekgula.com d klo ga slh

      • endah

        August 3, 2011 at 2:16 pm

        aku udah cek ke http://www.cekgula.com dan hasilnya di susu anakku kandungan gula tambahannya setara 14sdt.. :(
        tinggi ya..
        aku jadi kuatir anakku beresiko obesitas nih..

  3. cynthia

    August 3, 2011 at 2:30 am

    khan ada tuh susu yang ga ada gula tambahannya … jd dpt mengurangi menjadi obesitas

  4. desy

    August 3, 2011 at 5:00 am

    Thx bgt infonya, anak saya selama ini masih asi, beberapa bulan lg sudah harus ganti ke formula, jd apa sebenarnya semua merk susu yg ada di pasaran tuh sama saja?

  5. regina

    August 3, 2011 at 5:05 am

    pernah baca sih klo sufor yg banyak gula tambahannya bisa sebabkan anak jd obesitas, intinya sih bukan susunya yah, tp kan selain susu anak juga masih makanan & minum makanan & minuman yg lain yg dengan kandungan gula tambahan yg tinggi juga, nah klo anak tiap hr minum susu dengan kandungan gula yg tinggi, masih ngemil ini itu, bakalan berlebihan gula tambahan yg dikonsumsinya, itu yg akan menyebabkan obesitas

  6. viona

    August 3, 2011 at 5:08 am

    aku sih klo pilih susu yg gulanya ga terlalu banyak, selain bikin eneg jd anak minumnya ga banyak, juga bisa rusak gigi dan yg bahayanya lagi kloo kebanyakan bisa terkena resiko obesitas

  7. vania

    August 3, 2011 at 6:32 am

    bingung juga ya memilih susu formula untuk anak….selain takut ga cocok sama anak belum lagi nutrisi yg terkandung didalam blm tentu murni ya contohnya pemanis buatan itu

  8. agni

    August 3, 2011 at 7:10 am

    merawat botol susu krn sufor paling susah membersihkan lemaknya begitu juga dgn gula tambahan yg ada di susu yg masuk ke badan anak krn lama” bisa bikin gemuk….

  9. dinda

    August 3, 2011 at 7:15 am

    artikelnya ciamik ni….aku pikir bole sufor dpanasin ternyata ga bagus ya….iya mendingan susu klo uda dbikin lsg diminum

  10. girang

    August 3, 2011 at 7:53 am

    “Anda harus membuang sisa susu formula yang tidak habis di botol.”

    gitu yah? walau cuma 1 jam tetep gak boleh diminum lg y mba?

  11. Lila

    August 3, 2011 at 8:37 am

    kalo anakku suka ngemil manis2 tapi gulanya aku ganti madu biar ga kegendutan ah, soalnya dia udah endut sih!

  12. Tina

    August 3, 2011 at 9:20 am

    susu formula itu memang banyak yang mengandung vitamin2 tambahan yang diperlukan oleh si kecil, tapi banyak juga yang menjual vitamin tapi kandungan gula nya banyak bgt. kalau begitu apakah susu itu masih bermanfaat?

  13. Siska

    August 3, 2011 at 9:23 am

    dah denger banyak bgt ttg bahaya nya gula tambahan serta banyaknya gula tambahan yang terkandung dalam makanan dan minuman pada umumnya, apalagi katanya di susu formula juga sekarang banyak yang terkandung gula tambahan juga. kalau begitu bagaimana ya ? memilih susu yang banyak kandungan vitamin tapi mengandung gula tambahan, apakah masih bisa?

  14. Jasmin

    August 3, 2011 at 9:26 am

    wah banyak juga ya yang mesti di perhatikan dalam kandungan susu formula itu, jangan sampai susu formula nya tidak mencukupi nutrisi si kecil. info yang bagus. lebih perhatian lagi ke susu yang diminum si kecil, selain kandungan vitamin yang harus diperhatikan kandungan gula nya juga ya bun, jangan sampai anak kita terkena obesita.

  15. amarilis

    August 3, 2011 at 2:10 pm

    kalau anakku aku kasi nya susu yg tanpa gula tambahan,soalnya di keluarga ada keturunan diabetes jadi harus batasin konsumsi gula dari sejak usia dini..

  16. atiek

    August 10, 2011 at 1:55 am

    kalo di cek di http://www.cekgula.com susu anakku kelebihan nie gula tambahannya

  17. susande

    August 10, 2011 at 2:11 am

    jangan sampe kelebihan ntar anaknya bisa jadi obesitas gitu

  18. mickey

    August 10, 2011 at 3:53 am

    emang harusnya brp sih kadar gula yg bisa dikonsumsi anak dalam sehari?

  19. dian

    August 10, 2011 at 3:56 am

    dikatakan da berlebih tuh klo da berapa yah, soalnya kan tubuh juga butuh gula…..

  20. rebeca

    August 10, 2011 at 3:58 am

    kok jd bimbang sih mau kasih anak sufor klo kayak gn….bentar lg anakku da harus stop asi…gmn donk???

  21. dinda

    August 10, 2011 at 6:16 am

    iya bener kasian anak” klo uda kegemukan bisa ganggu psikologisnya juga

    • girang

      August 10, 2011 at 6:24 am

      benar mba…sebaiknya sih jangan yang berlebih lah.
      lagipula minum susu gak perlu banyak2. kalaupun mau minum banyak sebaiknya cari yang gak terlalu manis kali yah.

  22. karin karin

    August 10, 2011 at 6:29 am

    owww..sufor gak boleh dipanasin..katanya air untuk menyeduhnya juga gak boleh terlalu panas yah, takut membuat susunya jadi gak bernutrisi lagi..bener gak sih?

  23. Jingga

    August 10, 2011 at 6:36 am

    makasih infonya…nice article

  24. camill

    August 10, 2011 at 6:36 am

    klo bisa si kasi asi terus tapi kan klo uda lepas harus minum sufor jadi lebi baik pilih yg ga manis d biar ga gemuk plus jaga makanan juga

  25. vani

    August 10, 2011 at 6:40 am

    milih sufor tu susah ya ternyata….ada gulanyalah, bikin anak diarelah dll…..

  26. Jasmin

    August 10, 2011 at 6:58 am

    kalau anak aku sih ga begitu suka susu yang manis, biasanya aku kasih yang rasa vanilla. dan sekarang aku sudah berahli ke susu yang tidak mengandung gula tambahan, makin doyan si kecil.

  27. Tika

    August 10, 2011 at 7:07 am

    kadang suka kasihan kalau liat anak yang kegemukan, susah bergerak dan kayanya napasnya susah bgt. mendingan anaknya jangan terlalu gemuk dan jangan terlalu kurus pas2 aja agar semuanya seimbang dan sehat.

  28. Tina

    August 10, 2011 at 7:35 am

    memang sudah banyak denger sih ttg bahanya gula tambahan dan obesitas itu sendiri, jadi langsung membatasi konsumsi gula di rumahku, biar sehar semua.

  29. Sinta

    August 10, 2011 at 7:44 am

    lebih baik jangan mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan karena biasanya sesuatu yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi tubuh kita, sekarang ini banyak bgt susu yang mengandung gula tambahan, gula jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan obesitas juga. jadi batasi semuanya.

  30. Nila

    August 10, 2011 at 8:25 am

    gula tambahan sangat berbahaya buat anak2 kita jika dikonsumsi terlalu berlebih, lebih baik menjaga konsumsi nya agar jangan terlalu berlebih.

  31. sitti nabilla

    August 10, 2011 at 9:12 am

    iya soalnya kan pemakaian gula itu juga ada batasannya dalam sehari..terutama untuk balita, jangan lebih dari 8 sendok gula perhari ya bisa obesitas atau bahkan diabetes loh nanti.

  32. anissa zhafira

    August 10, 2011 at 9:17 am

    iya lebih seremnya lagi dampak obesitas itu bisa menyerang psikis anak juga mulai dari minder sampe terbatas ruang geraknya.. belum dampak2 lain dari diabetesnya juga.. wah serem yah, jangan sampe deh anak kita kena masih kecil belum bisa bilang apa2 yang sakit..

  33. linda tsuji

    August 10, 2011 at 9:19 am

    gimana sih cara ngecek gula pada sufor anak kita selain di http://www.cekgula.com??

  34. miranthy

    August 10, 2011 at 9:22 am

    setelah ngecek ternyata susu anakku ga mengandung gula tambahan, jadi tenang..

  35. riany anche

    August 10, 2011 at 9:26 am

    oya?? susunya apa tuh bun?? share dong kali aja berguna buat yang lainnya juga.

  36. lilis

    August 10, 2011 at 9:35 am

    kok bisa susunya gak mengandung gula tambahan..?
    susunya merk apa tuh..?sharing donk soalnya susu anakku gulanya lumayan tinggi nih..8g persaji..

  37. endah

    August 10, 2011 at 9:46 am

    dokter anak ku pernah ngasi saran agar anakku dikasi susunya yg tanpa gula tambahan..kalo gak salah namanya anmum essential deh..
    dia ngasi saran itu karena di keluarga ada riwayat diabetes..jadi harus membatasi jumlah asupan gula dari anak usia dini untuk meminimalkan resiko nya..

  38. yuna

    August 10, 2011 at 9:59 am

    jangankan untuk yg di keluarga ada riwayat diabetes..untuk yg sehat2 aja, kandungan gula tambahan di makanan/minuman juga bisa memberi efek kurang baik untuk kesehatan..
    jadi memang jangan sampai berlebih konsumsi makanan/minuman yg ada gula tambahannya ya..

  39. yuning

    August 10, 2011 at 10:05 am

    untuk lebih meminimalkan efek akibat konsumsi gula tambahan,sebaiknya diimbangi dengan banyak minum air putih dan juga olahraga min 3x seminggu..

  40. gray

    August 10, 2011 at 10:15 am

    susu formula itu kan sbagai pengganti asi yah..
    tapi koq malah nyeremin gitu yah dengan isu2 gula tambahan?

  41. atiek

    August 23, 2011 at 7:23 am

    iya ternyata gula tambhan itu terdapat dlm susu anak anak juga ya

  42. sarah

    August 23, 2011 at 7:47 am

    wah gmn donk padahal anakku sukanya minum susu tuh ….

  43. Kiranna

    August 23, 2011 at 8:09 am

    gak perlu khawatir bu, kan merk susu macem2..yah di cek aja dulu labelnya, atau dicari tau dulu yang bagus tuh apa. sebenernya susu itu semua sama deh, cuma ada yang manis dan gak aja (menurut ku loh..hehehe)

  44. sieni

    August 23, 2011 at 8:52 am

    bukannya hampir semua anak minum susu, bisa2 semua anak kena obesitas donk???

  45. sinta

    August 23, 2011 at 8:54 am

    pilih aja susu yg no added sugar bun, kan ada tuh kluaran anmum, namanya anmum essential, coba cek aja

  46. kiki

    August 23, 2011 at 8:56 am

    susu anakku juga manis nih, gulanya aku cek di kemasannya sih 6 gram/saji…lg mau hunting susu yg gulanya lebih dikit nih

  47. Venny

    August 23, 2011 at 10:23 am

    susu formula yang baik adalah susu yang tidak mengandung gula tambahan, bebas dari bahaya gula, karena ASI juga kan sebenernya tidak mengandung gula. lebih baik memang tidak ada gula dalam susu formula. Dengan memberikan susu formula yang bebas gula kita menjaga sikecil dari bahaya obesitas.

  48. Evi

    August 23, 2011 at 10:28 am

    susu formula sekarang ini katanya dah banyak bgt ya yang mengandung gula tambahan? bahaya bgt ya buat si kecil kita, apalgi kalau yang masih aktif bgt minum susu nya. lebih baik memang memilih susu yang terbaik untuk anak kita. jangan sampai yang mengandung gula tambahan, katanya juga Anmum adalah susu yang tidak mengandung gula tambahan jadi aman untuk si kecil, aku juga mau coba karena temenku dah coba dan katanya memang bagus.

  49. nia

    August 23, 2011 at 10:41 am

    minum susu si bole” aja mbak…asalkan pilihnya yg ga manis aja dan atur pola makan secara teratur

  50. camilla

    August 23, 2011 at 10:43 am

    wah harus hati” milih susu formula kalo gitu ya…jangan yg ada gula tambahannya

  51. agni

    August 23, 2011 at 10:44 am

    sebaiknya minum susu formula yg cocok sama anak dan diusahakan pilih yg tidak manis

  52. tiaradewi

    August 23, 2011 at 4:34 pm

    kalo ASI masih ada ya ASI saja berikan kepada anak kita, tapi karena kondisi yg tdk memungkinkan tdk ada salahnya kita berikan susu pengganti yaitu SUFOR. Tapi ada baiknya konsulkan dulu dg dokter anaknya….. tapi kalo sdh 1 th lebih tdk ada salahnya coba dulu dg sufor yg rendah gula tambahan/bebas gula tambahan..

  53. yuna

    August 23, 2011 at 8:20 pm

    kalau aku pilih susu formula,selain yang kandungan nutrisinya lengkap, yang nggak ada kandungan gula tambahannya..soalnya selain kuatir memicu obesitas..di keluarga ada keturunan diabetes,jadi harus membatasi asupan gula..

  54. linda

    August 23, 2011 at 8:32 pm

    kalau aku sekarang kasi anakku susu anmum essential yang kandungan gula tambahannya itu 0 gram. soalnya selain menjauhi resiko obesitas juga membatasi asupan gula karena ada keturunan diabetes di keluarga..

  55. susuformulabayi

    September 11, 2011 at 11:34 pm

    Info yg sangat menarik. ijin copy-paste di website kami. terimakasih

  56. Pingback: Baby Gym untuk bayi anda..

  57. bunda cikal

    September 6, 2013 at 11:06 pm

    ada yang tau ga, kalo sufor yang kadaluarsanya tinggal 2 bulan kira2 masih layak dikasih ke anak ga ya?
    tolong info ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>