Temukan Keajaiban Dongeng Sebelum Tidur Untuk Balita

Bunda pasti pernah mendengar nyanyian tentang “Dongeng Sebelum Tidur”. Nyanyian tersebut bukan sekadar syair lagu. Bunda harus membiasakan untuk memberikan dongeng sebelum tidur kepada si kecil yang masih balita. Sesibuk apapun Bunda, sebagai orang tua harus memberikan bekal yang matang di usia si kecil yang sudah menginjak balita. Sehingga pastikan ketika sudah masuk waktu tidur malam, Bunda sudah siap mendongeng untuk si kecil. Melalui dongeng, si kecil akan menemukan keajaiban yang berkaitan dengan stimulasi otak balita.

Melatih Kemampuan Motorik Balita

Ketika Bunda mendongeng, pasti si kecil akan memperhatikan apa yang sedang Bunda lakukan. Si kecil biasanya akan melihat gaya Bunda saat mendongeng sambil mendengarkan. Meskipun si kecil belum mengerti isi cerita dari dongeng tersebut, bukan masalah. Setidaknya Bunda sudah berusaha untuk melatih kemampuan motorik balita. Kemampuan motorik tersebut terlihat dari si kecil yang mendengarkan Bunda mendongeng sambil menggenggam buku cerita.

Membangun Logika Balita

Meskipun masih balita, namun penting sejak dini untuk mulai membangun logika si kecil. Keajaiban yang diperoleh si kecil dari kebiasaan Bunda memberikan dongeng sebelum tidur tersebut akan diperoleh. Si kecil akan mulai terbiasa untuk membangun logika berpikir. Bagaimana itu dapat dilakukan? Coba perhatikan sudah seberapa sering Bunda mendongeng cerita yang sama untuk si kecil? Dongen seperti “Si Kancil Mencuri Timun” meskipun Bunda sudah hapal dengan isi ceritanya, namun tetap saja si kecil meminta untuk tetap menceritakan dongeng yang sama. Bunda harus tetap mengikuti keinginan si kecil. Menurut professor University of California, Los Angeles, bernama Virginia Walter, Ph.D, menyatakan bahwa balita yang baru pertama kali diberikan sebuah dongeng, mereka belum mengerti apa sebenarnya isi cerita tersebut. Namun ketika balita sudah berkali-kali mendengarkan dongeng yang sama, maka pada akhirnya balita dapat mengerti cerita tentang apa dongeng tersebut. Bagaimana itu dapat terjadi? Karena Bunda setiap hari mendongengkan isi cerita yang sama sebelum balita tidur. Dari situlah balita mulai membangun logika berpikir.

Menambah Kosakata Baru

Bunda tidak boleh bosan untuk memberikan dongeng sebelum tidur kepada si kecil. Dari dongeng, keajaiban lain yang akan diperoleh si kecil selain melatih kemampuan motorik dan membangun logika adalah dapat menambah kosakata baru. Meskipun si kecil belum pandai membaca, namun dari kebiasaan mendengarkan Bunda mendongeng, si kecil akan menyerap banyak kosakata baru. Kosakata yang semula belum dimengerti lama-lama akan mudah dimengerti oleh si kecil.

Meningkatkan Stimulus Otak

Bunda jangan sampai melewatkan masa tumbuh kembang balita dengan melakukan kebiasaan yang sia-sia seperti yang sering diulas dalam Duniabunda.com. Lebih baik lakukan kebiasaan mendongeng sebelum tidur untuk si kecil yang masih balita. Dengan mendongeng, keajaiban yang akan diperoleh si kecil adalah dapat secara bertahap meningkatkan stimulasi otak balita. Terlebih ketika si kecil masih di dalam kandungan dan Bunda sudah terbiasa dengan hobi membaca, maka semakin mudah untuk meningkatkan stimulus otak pada si kecil. Semakin sering pengalaman si kecil mendengarkan dongeng, maka semakin mudah otak untuk diajak berpikir. Sebab dengan mendengarkan dongeng saja, otak si kecil sudah dilatih untuk belajar mendengarkan.

Setiap keajaiban dari dongeng sebelum tidur yang mampu memberikan stimulasi otak balita tidak hanya akan diperoleh si kecil. Menurut psikolog Nessi Purnomo, Psi, Msi., Bunda yang sering mendongengkan cerita kepada si kecil akan mempermudah ikatan Bunda dengan si kecil. Jadi, tunggu apalagi, berikan keajaiban kepada balita dengan mendongeng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *