Tips Agar Anak Mau Makan

anak-sulit makan

Kita  selalu mendengar banyak orang tua yang mengeluhkan anaknya sulit makan. Hanya sebagian kecil yang mempunyai anak dengan tidak memiliki masalah makan. Untuk mengatasinya berikut tips yang dapat membantu bunda dalam mengatasi masalah anak sulit makan.

-Pilihan makanan untuk anak balita disesuaikan dengan gigi geligi anak yang baru tumbuh dan belum lengkap serta pencernaannya yang belum optimal. (masak sayur yang matang dengan potongan kecil, daging atau ayam cincang yang empuk tidak alot, pilih buah yang matang dan manis)

-Ajak anak makan bersama keluarga, beri kesempatan untuk memilih makanannya dan makan sendiri.
-Porsi makan kira-kira sepertiga makanan orang dewasa.Anak akan makan bila dia lapar juga ketika dia cukup lelah setelah melakukan aktifitas fisik (bermain, berlari, sekolah).

-Terapkan jadual makan yaitu 3 kali makan besar dan 2-3 kali snack atau camilan. Jangan berikan camilan, susu atau juice dekat dengan waktu makan.

-Camilan diberikan 1,5 jam atau 2 jam sebelum makan agar perut tidak kenyang ketika tiba jam makan

-Makan bersama dalam suasana nyaman dan menyenangkan. Hormati anak bila dia tidak ingin makan

- Hubungi dokter atau ahli gizi bila anak tidak mau makan lengkap dalam waktu 2 minggu.

-Mengubah pola asuh. Pola asuh dari suka memarahi, menjadi suka mendengarkan. Hal ini akan membuat anak merasa nyaman dengan orang tuanya dan mau menurut. Pola asuh dengan pujian yang membuat anak terpacu, dan menghindari kata ejekan dan kata lain yang bersifat negatif. Bagaimana membuat acara makan yang menyenangkan kalau orang tua masih tak menyempatkan waktunya untuk melaksanakan kewajiban mengasuh anaknya dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan. Terapkan juga hal ini kepada pembantu yang mengasuh anak anda untuk merubah dan melaksanakan hal serupa.

1 Comment

  1. Resep Masakan Lengkap & Sehat

    June 17, 2012 at 9:43 am

    Bagus sekali tip tip nya, sangat bermanfaat. Soal makanan bagi balita memang sulit, karena anak punya karakter dan kegemaran sendiri. Lingkungan dan cuaca sangat berperan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>