Trisemester Ketiga Kehamilan

Perubahan pada ibu yang bisa mebuat terjadiya gejolak perasaan bisa disebabkan oleh faktor ketidaknyamanan fisik maupun mental, sehingga membuat para ib menjadi stress. Perasaan untuk segera melahirkan begitu kuat. rasanya seperti ingin cepat-cepat menyelesaikan semuanya dan bertemu dengan bayi anda. Faktor-faktor yang membuat ibu merasa tidak nyaman adalah sebagai berikut :

Tekanan Psikologis : 

1. Kondisi Finansial
{mosimage}Bagi anda yang mampu, maka kondisi finansial bukanlah masalah. namun bagi pasangan kebanyakan masalah finansial ini seringkali merupakan masalah besar dan menimbulkan stress.Apalagi jika sejak awal diketahui bahwa kehamilan anda bermasalah sehingga memerlukan penanganan persalinan khusus yang membutuhkan biaya tambahan.

2. Dukungan Pasangan
Kehamilan adalah akibat hubungan antara suami istri. Tetapi, sampai hari ini, khususnya budaya timur banyak suami yang masih enggan ikut serta menanggung resiko yang dihadapi istrinya saat mengandung. Dengan berbagai alasan mereka mengelak untuk ikut ambil bagian, ada yang beralasan karena sibuk bekerja, ada yang memang keegosisannya, ada yang menganggap itu memang tugas wanita, dan sebagainya. Kondisi seperti ini akan membuat ibu hamil menjadi semakin stress menjelang hari-hari persalinannya.

3. Dukungan Keluarga

Karena berbagai faktor banyak pasangan suami isteri yang memiliki hhubungan yang kurang baik dengan masing-masing keluarga. Dalam situasi normal hal ini bukan menjadi masalah, tetapi dalam kondisi hamil pengaruhnya akan terasa. Kehadiran orang-orang dekat saat menjelang persalinan jelas berpengaruh terhadap kondisi kejiwaan pasangan suami istri. 

Dengan berbagai masalah yang mengganggu mental ibu seperti ini, tentunya anda ingin tahu, apa saja yang dapat anda lakukan untuk menghindarinya. Berikut tips untuk anda agar terhindar dari berbagai masalah tersebut diatas.

  • Bicarakanlah perasaan anda kepada orang yang bersedia mendengarkan, ada sebaiknya mereka adalah orang-orang dekat, bisa teman dekat atau keluarga, atau jika tidak memungkinkan carilah dokter atau bidan untuk menyampaikan perasaan anda.
  • Fokuskan pikiran anda pada hal-hal positif. Lihatlah segala sesuatunya dari sisi baiknya. Bila perlu catatlah hal-hal baik yang mungkin perlu anda lakukan atau yang telah anda peroleh sehubungan dengan kehamilan dan kehadiran bayi anda nantinya. Usahakan untuk melupakan hal-hal negatif.
  • Jangan tumpuk masalah yang ada sekaligus, anda bisa mencatat hal-hal yang anda anggap menjadi masalah satu persatu, dan cobalah mencari solusinya bersama dengan pasangan dan orang-orang dekat anda.
  • Usahakan untuk banyak melakukan aktivitas yang menyenangkan. Misalnya jalan-jalan, membaca buku-buku menarik, menonton film di rumah, atau yang paling mujarab untuk mengurangi stress adalah mengobrol. Karena dengan mengobrol seseorang seperti sedang mengeluarkan sesuatu dalam dirinya.
  • Mendekatkan diri pada Tuhan. Bersyukur dan mendekatkan diri pada Tuhan, diatas apapun yang dapat dilakukan manusia, semuanya adalah kehendak Tuhan. Setelah anda melakukan apa yang bisa anda lakukan untuk menghadapi persalinan, serahkanlah sisanya kepada Tuhan, ini pasti akan membuat anda merasa lebih ringan.
B. Perubahan Fisik 

1.Gatal-gatal

Gatal-gatal yang dialami pada trisemester kedua masih dirasakan pada trisemester ketiga, bahkan semakin hebat. gatal-gatal ini khususnya dirasakan dibagian perut. Penyebabnya adalah karena semakin membesarnya perut yang membuat kulit perut semakin meregang sehingga menimbulkan rasa gatal. Untuk menguranginya anda bisa menggunakan pelembab,tetapi berhati-hatilah dalam memilih pelembab, pilihlah pelembab yang aman.

2.Suhu badan meningkat

Perubahan metabolisme tubuh pada trisemester ketiga ini masih berlanjut. Perubahan ini merupakan upaya penyesuaian yang dilakukan tubuh agar bisa mendukung bayi yang semakin membesar. Terjadinya perubahan ini menyebabkan naiknya suhu tubuh. anda bisa saja merasa panas dan berkeringat saat orang lain mungkin terasa kedinginan. Kondisi seperti ini agak berbahaya jika terjadi di musim panas, karena pengeluaran keringat berlebihan bisa mengganggu keseimbangan cairan tubuh. Jika anda mengalami hal ini, usahakanlah untuk berada di ruangan yang sejuk, perbanyak minum air putih.

3. Puting masuk ke dalam

Pada sebagian wanita, memasuki trisemester ketiga kadang puting payudaranya masuk ke dalam. Bagi anda yang perlu mengalaminya, anda tidak perlu khawatir. ini hanyalah bagian dari proses kehaamilan. Anda bisa menariknya dengan teknik tertentu yang akan dijelaskan kemudian. Hanya saja perlu diingat bahwa menarik puting berarti merangsang keluarnya hormon oksitosin yang bisa merangsang kontraksi rahim dan mendorong kelahiran. sehingga penarikan ini hendaknya dilakukan pada minggu ke-37 atau lebih dan harus dilakukan dengan hati-hati.

4. Sulit tidur

Ada beberapa faktor yang bisa membuat ibu hamil sulit tidur memasuki trisemester ketiga ini. Yang pertama jelas karena perut yang semakin membesar sehingga sulit mencari posisi tidur yang nyaman. Selanjutnya gerakan bayi yang semakin lincah dan tertekannya kandung kemih, memaksa anda untuk sering terjaga di malam hari. Untuk mengatasinya dianjurkan untuk mengambil posisi miring disaat tidur, dan mengganjal kaki yang di atas agar rileks dan tidak menekan kaki yang dibawah.

5. Kaki kram

Kram kaki sering dialami pada trisemester kedua dan ketiga. Kejang yang menimbulkan rasa nyeri ini seringkali terjadi di malam hari. ada beberapa pendapat mengenai penyebabnya.Ada yang mengatakan ini dikarenakan rahim yang membesar mengakibatkan tekanan yang mengganggu sirkulasi darah pada kaki dan menyebabkan tekanan pada saraf tertentu. ada juga pendapat yang mengatakan ini dikarenakan adanya ketidakseimbangan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Untuk mengatasinya sebaiknya anda mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, dan sering-seringlah mengistirahatkan kai sambil memijitnya.

6. Keluarnya cairan di payudara

Memasuki trisemester ketiga, payudara mulai mengeluarkan colostrums, yaitu cairan kuning yang kaya akan nutrisi. Cairan inilah yang akan diminumkan kepada bayi begitu begitu dia lahir sebelum susu ibu yang sebenarnya keluar. Cairan ini kadang memang keluar sebelum bayi lahir, dan anda tidak perlu khawatir karenanya. Hanya saja ini mungkin akan terasa sedikit mengganggu, karena keluarnya tidak bisa diduga, sehingga bisa membuat basah pakaian anda. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan napkin payudara yang banyak dijual bebas.

7. Kencing bocor
pada beberapa wanita bisa saja terjadi seperti ini, dimana jika merasa batuk, tertawa, atau bersin, air seni ikut terdorong keluar tanpa sengaja. Anda bisa mengataasinya dengan latihan kegel untuk memperkuat otot vagina sehingga mampu menahan kencing yang semakin mendesak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *