Waktu Tepat Mengurus Bayi Untuk Ibu Single Parent

Waktu tepat mengurus bayi mungkin akan menjadi sulit diatur untuk seorang ibu yang harus bekerja mandiri sendirian. Ya, single parent memang bisa saja terjadi karena situasi yang tidak diinginkan atau faktor-faktor lainnya. Namun beban sebagai single parent dimana harus selalu menyediakan waktu bagi sang buah hati tidak lagi jadi rintangan berarti selama anda tahu cara menanganinya.

Menangani waktu bersama bayi sementara anda harus mengerjakan pekerjaan lainnya mulai dari mengurus rumah dan melakukan pekerjaan kantor memang bukan hal yang mudah. Apalagi bila bayi sering merengek dan selalu memerlukan sentuhan ibunya untuk bisa menenangkannya. Maka itu kami akan memberi tahu beberapa tips tentang mengatur waktu yang padat bagi ibu single parent. Anda tidak harus lagi merasa stres, tertekan atau kewalahan karena harus melakukan semuanya. Panduan waktu dari artikel ini bisa membantu anda!

Baby Time VS Kantor

Sang bos terus menekan anda untuk melakukan pekerjaan kantor sementara deadline nampaknya tak pernah berakhir. Sementara di tempat lain, anda tahu bayi yang sedang anda titipkan di tempat orangtua atau rumah teman sedang menunggu anda untuk segera pulang dan mengurusnya. Masalah yang rumit bukan? Baby time versus kantor memang bisa jadi perkara yang memberatkan pikiran sang ibu single parent. Lebih dari itu, beberapa ahli kesehatan juga mengkhawatirkan hal ini akan berpengaruh dengan cara sang ibu merawat bayinya sampai dewasa. Disinilah sangat perlu pengaturan terhadap waktu tepat mengurus bayi.

Pertama, mulailah dulu dengan perencanaan yang matang. Catat di kertas tentang jadwal anda dari Senin sampai Minggu dan apa saja yang anda lakukan di hari-hari tersebut. Mulai dari situ, anda bisa menulis pada hari apa dan dengan batasan jam berapa anda akan mengurusi sang buah hati. Yang paling penting juga menuliskan tentang jadwal di kantor dan berapa jam anda selesai mengerjakan sebuah tugas sebelum akhirnya bisa meluangkan waktu untuk segera pulang ke rumah. Ada baiknya juga untuk menemui atasan dan berbicara baik-baik tentang posisi anda sebagai single parent yang mengurus buah hati sendirian. Tentu itu bukan berarti anda menjadi tidak bertanggung jawab terhadap pekerjaan anda karena yang menjadi poin pentingnya adalah atasan jadi dapat mengerti beban anda sebagai single parent dan membantu menentukan pola pengaturan waktu yang baik. Dengan begini maka tekanan dari atasan atas pekerjaan yang bertubi-tubi pun akan berkurang.

Selain itu, ketika anda bekerja dan menitipkan sang bayi ke rumah keluarga atau teman, ada baiknya juga berbicara pada pihak keluarga atau teman untuk saling bertukar cerita. Ini agar mereka mengerti tanggung jawab ganda yang anda miliki sebagai pekerja kantoran dan ibu, selain juga untuk menjaga relasi dekat selagi menitipkan anak anda di rumah mereka.

Pengaturan waktu lainnya adalah saat weekend. Weekend yang ditandai sebagai kebebasan dan waktu luang harus dimanfaatkan sebagai baby time anda sepenuhnya. Inilah waktu dimana anda bisa merawat, mengurusi dan bermain bersama si bayi mungil buah hati anda. Selain memanfaatkan weekend untuk waktu sang ibu single parent dan anaknya, anda bisa juga sambil melakukan kegiatan yang sifatnya mengusir stres karena tanggung jawab di banyak tempat. Kegiatan seperti yoga, menonton film menyenangkan dan mengundang tawa sampai mengajak teman memasak bersama di rumah bisa dilakukan sesudah anda menidurkan sang bayi. Anda juga bisa memanfaatkan waktu untuk bermain internet, seperti misalnya melihat infromasi seputar dunia anak di www.duniabunda.com . Bagaimana? Pada akhirnya mudah saja bukan untuk mengatur waktu tepat mengurus bayi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *