Yang Harus Dilakukan Jika Mata Bayi anda Belekan

baby-eyes-alergic

Mata kotor atau belekan (mengeluarkan sekret) pada bayi anda merupakan salah satu gejala dari kelainan konjungtiva mata. Apabila sekretnya cair maka kemungkinan disebabkan oleh virus atau alergi, bila yang terjadi sekret purulen atau berwarna kekuningan maka disebabkan oleh bakteri, dan apabila sekret serosa (tidak terlalu  kental) maka biasanya disebabkan oleh adenovirus. Kemudian apabila sekret lengket dan memanjang bila ditarik maka kemungkinan disebabkan oleh alergi atau vernal.

Penyebab lain adanya sumbatan pada saluran mata bayi . kondisi ini akan menghambat aliran air mata bayi ke hidung, sehingga mata bayipun berair terus menerus. Genangan air ini bisa mengundang kuman penyebab infeksi.

Penanganan mata yang kotor pada mata (belekan) ,disesuaikan dengan penyebabnya. Lebih baik Anda membawa anak anda ke dokter untuk pemeriksaan secara langsung. Anda juga dapat membersihkan selalu mata anak Anda terutama pagi hari dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat,arahkan dari bagian dalam kea rah luar mata, lakukan pemijatan lembut pada sekitar pangkal mata dekat pangkal hidung dan hindari menyentuh mata dengan tangan kotor. Pijatan biasanya dilakukan dengan menggerakkan ibu jari dari pangkal hidung  bayi (tepi mata sebelah dalam) ke arah hidung (ke arah bawah).  Atau, pijat dalam gerakan berputar-putar. Lakukan pijat hidung bayi ini 2 – 3 kali sehari. Anda tidak perlu menekan kuat-kuat karena otot kulit bayi anda masih tipis, cukup dengan menggosok dan mengusapnya perlahan-lahan.

Jika belek bayi cukup banyak, sehingga menyebabkan lengket pada mata, Anda bisa coba lakukan mengompres matanya  dengan kapas yang telah dicelupkan ke air hangat. Hal ini membantu kotoran mata pada bayi anda mudah lepas dan dibersihkan. Jangan sekali-kali meneggunakan cairan pembersih mata.

Segera bawa ke dokter jika belekan lebih dari tiga hari.

sumber : dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>